Info Terbaru PPDB 2017

SMA Negeri 1 Grogol untuk tahun pelajaran 2017 / 2018 menerima Calon Peserta Didik Baru melalui JALUR PENDAFTARAN ( OFFLINE ) dan JALUR REGULER / UMUM ( ONLINE ) dengan ketentuan sebagai berikut :

A. KETENTUAN UMUM :

  1. Calon peserta didik baru harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan
  2. Calon peserta didik baru hanya izinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali, untuk setiap jalur pendaftarannya
  3. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan saja yaitu SMA.
  4. Calon peserta didik yang diterima di sekolah tujuan, wajib mentaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, termasuk ketentuan aturan sekolah yang berlaku dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan kemudian oleh sekolah.
  5. Calon peserta didik yang telah diterima (lulus seleksi) wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Apabila calon peserta didik yang diterima tidak mendaftar ulang sesuai jaduwal yang ditentukan, calon peserta didik tersebut dinyatakan mengundurkan diri.
  7. Bagi yang sudah diterima disalah satu jalur, tidak dapat mendaftar di jalur yang lain.
  8. Untuk daerah dan program keahlian tertentu yang memiliki kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri.
  9. Kartu Keluarga (KK) yang digunakan untuk syarat kelengkapan pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 Januari 2016.
  10. Penerimaan peserta didik baru dengan sistem online di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 pada SMA, SMK dan SLB tidak dipungut biaya.
  11. Untuk penentuan hasil offline dilakukan penetapan oleh team Verifikator sekolah SMA/SMK Negeri diketahui Kepala Cabang Dinas.
  12. Semua berkas dimasukkan kedalam stop map, untuk calon peserta didik laki-laki berwarna merah, sedangkan untuk perempuan warna hijau.

B. JALUR PENDAFTARAN :

     1. Jalur Prestasi

  • Calon peserta didik jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang mempunyai Prestasi Akademis dan non Akademis;
  • Prestasi yang diakui dan diperhitungkan adalah prestasi dari kujuaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga yang diakui dan yang bekerjasama dengan pemerintah, bersifat berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai dengan Nasional atau Internasional;
  • Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya;

     2. Jalur Mitra Warga

  • Calon peserta didik jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari kalangan keluarga miskin/prasejahtera;
  • Calon peserta didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah SMAN yang dituju dan yang berdekatan dengan tempat tinggalnya;
  • Syarat untuk calon peserta dari jalur Mitra Warga, mempersiapkan berkas :

– Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya;

– Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa atau;

– Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) / Jamkesmas / Kartu Gakin;

– Foto copy Kartu Keluarga (KK)

  • Peserta didik akan dilakukan survey ke tempat tinggal oleh Panitia Sekolah.

     3. Jalur Bidik Misi Pendidikan Menengah

  • Jalur Bidik Misi ini diperuntukkan bagi peserta didik yang miskin dan memiliki prestasi akademik;
  • Calon peserta didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya;
  • Untuk peserta pendaftaran Jalur Bidik Misi menyerahkan :

– Foto copy SHUN dan menunjukkan aslinya atau menyerahkan Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal;

– Surat Keterangan Tidak Mampu ( SKTM ) dari Kelurahan/ Desa

– Foto Copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) / Kartu Jamkesmas / Kartu Gakin.

– Foto Copy Kartu Keluarga (KK)5

  •  Calon peserta didik melakukan pendaftaran di sekolah yang dituju dengan membawa semua persyaratan;
  •  Sekolah wajib melakukan survey pada calon peserta didik.

    4. Jalur Inklusif

Ketentuan tambahan tentang penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara  pendidikan inklusif :

  • Peserta didik berkebutuhan khusus dapat mendaftarkan diri sebagai peserta didik pada sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusif yang telah ditetapkanoleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur;
  • SMA dan SMK penyelenggara pendidikan inklusif ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan jenjang pendidikan SD dan SMP ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
  • Peserta didik berkebutuhan khusus dengan tingkat ketunaan berat disarankan untuk mendaftarkan ke Sekolah Luar Biasa (SLB);
  • Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan kecerdasan dan hendak melanjutkan pada pendidikan tinggi, disarankan mendaftarkan ke SMA;
  • Pelaksanaan pendaftaran peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dilakukan secara offline, dengan ditambah persyaratan khusus berupa hasil pemeriksaan dari profesional yang relevan;

– Bagi Tunanetra dan kurang awas atau low vision, menyertakan hasil pemeriksaan hambatan penglihatan dari  dokter mata;

– Bagi Tunarungu dan kurang pendengaran, menyertakan hasil pemeriksaan hambatan pendengaran dari dokter THT;

– Bagi Tunagrahita dan hambatan perkembangan lain seperti ASD (autistic spectrum disorder), ADHD, Learning Disability, Lambat belajar, hambatan bahasa, hambatan social dan emosi, dan sejenisnya, menyertakan hasil pemeriksaan psikologis dari psikolog atau psikiater;

– Bagi Tunadaksa, hambatan gerak, dan gangguan kesehatan, menyertakan hasil pemeriksaan dari dokter.

  •  Identifikasi dan asesmen untuk menentukan kelayakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dilakukan oleh  tim asesmen yang dibentuk pihak sekolah dengan pengawasan dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa  Timur wilayah Kabupaten/Kota Kediri.
  •  Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif mengumumkan kuota peserta didik berkebutuhan khusus yang akan  diterima.
  •  Prioritas penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus diberikan kepada peserta didik yang tempat  tinggalnya paling dekat dengan sekolah.

5. Jalur Reguler/Umum

Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri di salah satu sekolah yang terdaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Online di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 oleh calon peserta didik sendiri/orang tua/wali melalui portal ppdb.dindik.jatimprov.go.id atau ppdbjatim.net

C. PERSYARATAN PESERTA

  1. Telah lulus SMP, SMP terbuka, SMPLB, MTs, memiliki Ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Kelulusan dari sekolah asal ( disertai nilai ujian nasional ) untuk lulusan pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya;
  2. Program paket B memiliki ijazah dan STL Program Paket B setara SMP lulus pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya;
  3. Berusia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018 ( tanggal 17 Juli 2017 );
  4. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana , narkoba, bertato dan bertindik.

D. PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN

  1. Calon peserta didik mendapatkan PIN/TOKEN yang diperoleh dari kantor Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Kediri ( timur kantor karesidenan Kediri ) sesuai jadwal yang ditentukan.
  2. Calon peserta didik melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat : ppdbjatim,net
  3. Calon peserta didik memilih 2 (dua) sekolah, sebagai sekolah tujuan dari 3 (tiga) alternatif yang bersedia sebagai berikut :
  4. Pilihan pertama pada sekolah didalam zona ( sekolah terdekat dengan domisili/KK ) dan pilihan kedua sekolah didalam zona.
  5. Pilihan pertama pada sekolah didalam zona ( sekolah terdekat dengan domisili/KK ) dan pilihan kedua sekolah diluar zona.
  6. Pilihan pertama pada sekolah diluar zona dan pilihan kedua pada sekolah didalam zona ( sekolah terdekat dengan domisili/KK )
  7. Calon Peserta Didik hanya diijinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya.
  8. Sekolah Pilihan Zona IV, meliputi :
  9. SMAN 1 PAPAR
  10. SMAN 1 GROGOL
  11. SMAN 1 MOJO

E. DASAR DAN CARA SELEKSI JALUR REGULER/UMUM

Seleksi Penerimaan Peserta Didik dilakukan berdasarkan pada :

  1. Untuk SMA/SMK berdasarkan jumlah total Nilai Ujian Nasional (NUN)
  2. Apabila jumlah total nilai NUN sama, maka dilakukan urutan sebagai berikut :
  3. Matematika
  4. IPA
  5. Bahasa Inggris
  6. Bahasa Indonesia
  7. Waktu pendaftaran ( berdasarkan urutan waktu mendaftar )

F. PAGU CALON PESERTA DIDIK BARU

  1. Pagu calon peserta didik baru dari luar Provinsi Jawa Timur 1 % ( satu persen ) sesuai hasil perankingan
  2. Pagu calon peserta didik baru lintas Kabupaten/Kota paling banyak 10 % ( sepuluh persen ) sesuai hasil perankingan
  3. Pagu jalur prestasi paling banyak 5 % ( lima persen )
  4. Pagu untuk jalur bidik misi paling banyak 3 % ( tiga persen )
  5. Pagu untuk jalur mitra warga paling banyak 5 % ( lima persen )
  6. Pagu untuk jalur Inklusif, dalam satu rombongan belajar maksimal 5 peserta didik dengan tidak lebih dari 2 jenis ketunaan/kekususan dan atau menyesuaikan kondisi sekolah.
  7. Pagu peserta didik maksimal 36 peserta didik dalam satu rombel dan atau disesuaikan dengan kapasitas sarana prasarana sekolah secara proporsional.

G. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

  1. Jalur Pendaftaran ( OFFLINE ), dilaksanakan pada :

Hari                   :    Senin s.d Rabu,

Tanggal             :    12 s.d 14 Juni 2017

Waktu               :    pukul 08.00 s.d 14.00 WIB

Tempat             :    Ruang Multimedia SMA Negeri 1 Grogol

 

  1. Jalur Reguler/Umum ( ONLINE ), dilaksanakan pada :

Tanggal              :    03 s.d 06 Juli 2017

Tempat              :    internet Online dengan membuka Website PPDB di alamat : www.ppdbjatim.net

Keterangan      :    Setelah mendaftar melalui Webset, bukti pendaftaran dibawa ke SMAN 1 Grogol untuk                                                   diverifikasi.

 

JADWAL KEGIATAN

PANITIA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB )

OFFLINE DAN ONLINE

SMA NEGERI 1 GROGOL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 

NO KEGIATAN TANGGAL JAM TEMPAT & KETERANGAN
1

 

 

 

 

Pendaftar Peserta Didik Jalur Prestasi, Mitra Warga,Bidik misi, dan Inklusi

( Offline )

 

 

Pembuatan SK Panitia dan administrasi lain 24  – 29 Mei 2017 08.00 – selesai SMAN 1 Grogol
Rapat Koordinasi Panitia 30 Mei 2017 10.00 WIB SMAN 1 Grogol
Sosialisasi ke SMP/

MTs sekitar sekolah

31 Mei 2017 08.00 WIB SMP/MTs sekitar
Pendaftaran 12 – 14 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB Ruang Multimedia
Verifikasi dan Validasi 14 – 16 Juni 2017  

 

Panitia
Laporan ke Cabdin 16 Juni 2017 08.00 WIB Panitia
Pengumuman 17 Juni 2017 08.00 WIB SMAN 1 Grogol
Daftar Ulang Jalur Offline 17 – 19 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB Ruang Multimedia
2

 

 

Pengambilan PIN / TOKEN 05 – 22 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB Ruang Multimedia
Simulasi PPDB Online 05 – 22 Juni 2017 24 Jam Internet Online
3 Pendaftaran Jalur Umum ( Online ) 03 – 06 Juli 2017 24 Jam Internet Online
4 Penutupan Pendaftaran Online Jalur Umum 06 Juli 2017 24.00 WIB Internet Online
5 Pengumuman hasil PPDB 07 Juli 2017 00.30 WIB Internet Online
6 Daftar Ulang 07 – 08 Juli 2017 08.00 – 15.00 WIB SMAN 1 Grogol / SMAN yang dituju
7. Hari Pertama masuk Sekolah / MOPDB 17 Juli 2017 07.00 WIB SMA Negeri 1 Grogol

 

PANITIA PPDB

UPTD SMA NEGERI 1 GROGOL

TAHUN 2017 / 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *