Pramuka

DALAM RANGKA MENYONGSONG 10 NOVEMBER

HARI PAHLAWAN A.GAM-KA ACTION

TRIP HEROES HISTORY OF A.GAM-KA

(SEJARAH PERJALANAN PEJUANG – AMBALAN GAJAH MADA KARTINI)

 

   edit-1 edit-2 edit-3

Menumbuhkan sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Dalam perkembangan jiwa-jiwa pramuka muda Ambalan Gajah Mada Kartini SMAN 1 Grogol.

Dalam rangka menyongsong 10 november hari pahlawan A.Gam-Ka action

Trip heroes history of A.Gam-Ka (sejarah perjalanan pejuang – ambalan gajah mada kartini)

Pada tanggal 05 November 2016, kami mengadakan kunjungan makam pejuang di berbagai wilayah disekitar lingkungan sekolah kita. Diantaranya makam pejuang di Desa  Suko Sewu, Cerme, Sembak dan Bedrek, kec. Grogol kab. Kediri Jawa Timur.

Kami terkejut melihat kondisi makam pejuang yang tak terawat. Bendera merah putih yang dijadikan tanda bahwa itu adalah makam seorang pejuang sudah berkarat. Sehingga tanda merah putih tersebut tak lagi nampak. Kami berfikir mengapa masyarakat tidak merawat makam pejuang tersebut?

Kami tidak bisa membayangkan, jika tidak ada pejuang yang rela berkorban demi mempertahankan wilayah tersebut. Tidak akan mungkin wilayah tersebut bisa aman seperti sekarang ini. Namun karena masyarakat yang hidup disana, tak pernah merasakan susahnya menjaga dan mempertahankan wilayah , karenanya mereka terlena dengan kehidupan sekarang, sampai akhirnya mereka melupakan pejuang wilayah mereka. Bahkan hanya untuk merawat makamnya saja mereka tak perduli. Lalu bagaimana cara mereka menghargai, mengingat, mengenang jasa para pejuang?

Dari kunjungan ini kami berfikir, apakah kita sebagai generasi muda tega membiarkan hal itu terjadi? Tidak ada rasa empati untuk menjaga, melestarikan, agar pejuang terus dikenang?

Untuk itu, marilah kita sebagai generasi penerus bangsa menjaga dan merawat setidaknya melestarikan makam para pejuang-pejuangyang berada di pemakaman- pemakam umum pedesaan, yang luput dari perhatian pemerintah ataupun aparatur negara setempat. Mendo’akan agar semua jasa perjuangannya dan amalan baik keluarganya diterima oleh yang Maha Kuasa.

(Sumber-Pramuka)